Beagle Dog 2

.

Jendela Donat adalah blog yang ditulis oleh Gladis Gita Oktavia. Disini akan mengulas berbagai hal mengenahi sekolah, tempat bermain, dll. Silahkan membaca dan selamat menikmati. Enjoy

.

.

.

.

.

Senin, 31 Oktober 2016

Kemerdekaan 

Republik Indonesia merdeka pada Jum'at tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia merdeka dengan dibacanya proklamasi oleh Ir. Soekarni dan Drs. Mohammad Hatta sebagai pendampingnya, yang bertempat di Jl. Pegangsaan Timur no. 56 di Jakarta Pusat.
Pada tanggal 17 Agustus 1945 kota Nagasaki dan Hirosima di bom oleh Amerika Serikat membuat Jepang tunduk pada Amerika Serikat dan pada s di saat itu Indonesia memanfaat kan kekalahan Jepang untuk memproklamasikan kemerdekaan nya.
Proklamasi kemerdekaan seharus nya digelar di Lapangan Ikada namun lapangan tersebut sudah dijaga ketat oleh tentara Jepang, membuat Indonesia memproklamasikan kemerdekaan nya di JL.Pegangsaan no 56.
Teks proklamasi di buat oleh IR.Soekarno,Moh.Hatta,Ahmad Soebarjo dirumah Laksamana Maeda, dan diketik oleh Sayuti Melik.
Teks proklamasi yang asli tidak dimiliki negara namun dimiliki oleh wartawan BM Diah. BM Diah menemukan teks proklamasi tersebut di tempat sampah rumah Laksamana Maeda pada saat malam hari menjelang proklamasi.

Pada tanggal 29 mei 1945 wartawan BM Diah mengembalikan teks proklamasi yang asli kepada Moh.Hatta yang sudah disembunyikan 46 tahun.
Seperti yang kita ketahui selama ini Ir. Soekarno atau Bung Karno dan Drs. Moehammad Hatta atau Bung Hatta yang sering disebut Dwi Tunggal hanya mendapat gelar Pahlawan Proklamator atas jasa mereka sebagai pembaca teks Proklamasi di Jakarta pada Tanggal 17 Agustus 1945. Sebagai seorang yang ikut berjuang dalam masa pergerakan nasional dalam upaya kemerdekaan maupun pasca kemerdekaan keduanya belum mendapat gelar Pahlawan dari Pemerintah Negara Republik Indonesia sejak jaman pemerintahan presiden Soeharto hingga hari ini, tanggal 7 November 2012 barulah mantan Presiden dan Wakil Presiden pertama Republik Indonesia ini mendapat gelar pahlawan nasional oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dalam sebuah upacara pemberian gelar pahlawan nasional yang diselenggarakan di Istana Merdeka. Padahal keduanya juga dikenal sebagai tokoh yang juga sangat aktif dalam mewujudkan Negara Republik ini.


Dan untuk mengenang jasa para pahlawan kita mengadakan upacara bendera pada saat kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus. Sebenar nya upacara bendera 17 Agustus berlangsung tanpa protokol, tanpa korps musik dan tak ada pancaragam. Tiang bendera seharus nya hanya dibuat dari batang bambu atau kayu.
Dan pada hari kemerdekaan biasanya terdapat lomba-lomba seperti panjat pinang,makan kerupuk yang sudah menjadi tradisi turun temurun. 


Lomba diatas adalah lomba panjat pinang yang biasanya diada kan untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia.
Sebenar nya panjat pnang sudah ada saat zaman Belanda, yang memperkenal kan panjat pinang adalah orang Indonesia. Dan panjat pinang adalah sebuah permainan untuk hiburan orang Belanda pada saat masa itu. ada beberapa orang tidak menyetujui panjat pinang disebut lomba khas hari kemerdekaan namun ada juga yang setuju.





0 komentar:

Posting Komentar

.

.
Diberdayakan oleh Blogger.