Beagle Dog 2

.

Jendela Donat adalah blog yang ditulis oleh Gladis Gita Oktavia. Disini akan mengulas berbagai hal mengenahi sekolah, tempat bermain, dll. Silahkan membaca dan selamat menikmati. Enjoy

.

.

.

.

.

Senin, 31 Oktober 2016

Pendidikan Agama Katolik

Katolik kata tersebut berasal dari bahasa Yunani yag berarti ’universal’  istilah "Gereja Katolik" bermakna Gereja yang berada dalam persekutuan penuh dengan Uskup Roma, terdiri atas Gereja Latin dan 23 Gereja Katolik Timur; makna inilah yang umum dipahami di banyak negara. Bagi umat Protestan, "Gereja Katolik" atau yang sering diterjemahkan menjadi "Gereja Am" bermakna segenap orang yang percaya kepada Yesus Kristus di seluruh dunia dan sepanjang masa, tanpa memandang "denominasi"
Pendidikan agama sangat penting bagi kita karena dapat membentuk moral dan akal budi kita menjadi lebih baik.
Agama katolik dan agama kristen percaya kepada Bapa yang kekal yaitu Yesus Kristus, penyelamat umat manusia.


Pendidikan Agama Katolik adalah usaha yang dilakukan secara terencana dalam rangka mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memperteguh iman.
Didalam agama katolik terdapat 7 sakramen yaitu:
  1. ·        Baptis
  2. ·        Pengakuan dosa
  3. ·        Ekaristi
  4. ·        Penguatan/krisma
  5. ·        Imamat
  6. ·        Pernikahan
  7. ·        Pengurapan orang sakit


Dalam ajaran Katolik, sakramen adalah berkat penyelamatan khusus yang oleh Yesus Kristus diwariskan kepada gereja. Santo Agustinus menyebut sakramen sebagai "tanda kelihatan dari rahmat Allah yang tidak kelihatan.
Penyebaran agama Katolik sudah dimulai sejak kedatangan Portugis di Indonesia yang dilakukan oleh beberapa misionaris pada abad ke-16 dan abad ke-17 di bagian timur seperti di Maluku dan Flores, NTT. Agama katolik baru memasuki tanah Jawa pada masa pemerintahan Herman Willem Daendels di Batavia awal abad-19 dengan didirikan gereja pertama di sana pada tahun 1807 dan disertai dengan diakuinya oleh Vatikan. Pada tahun 2010, 6.907.873 orang (2.9%) dari total penduduk Indonesia sebanyak 237.641.326 orang, beragama Katolik.





0 komentar:

Posting Komentar

.

.
Diberdayakan oleh Blogger.