Beagle Dog 2

.

Jendela Donat adalah blog yang ditulis oleh Gladis Gita Oktavia. Disini akan mengulas berbagai hal mengenahi sekolah, tempat bermain, dll. Silahkan membaca dan selamat menikmati. Enjoy

.

.

.

.

.

Sabtu, 28 Januari 2017




PENGERTIAN JASMANI DAN OLAHRAGA. Pendidikan jasmani dapat diartikan juga sebagai suatu proses pendidikan melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi.


Pendidikan jasmani (disingkat Penjas) adalah mata pelajaran untuk melatih kemampuan psikomotorik yang mulai diajarkan secara formal di sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.



Perbedaan Pendidikan Jasmani dan Olahraga


Pendidikan Jasmani
Olahraga
Objek : Seluruh SiswaObjek:Siswa yang berminat/berbakat dalam cabang olahraga tertentu, calon atlet/atlet
Subjek : Guru pendampingSubjek:Pelatih
Tujuan : Untuk mencapai tujuan pendidikanTujuan:Untuk mencapai prestasi yang setinggi-tingginya
Materi : Semua aktivitas fisik / gerak (termasuk olahraga )Materi:Cabang-cabang olahraga
Sasaran : aktivitas fisik / gerak sebagai alatSasaran:Terkuasainya cabang olahraga tertentu/yang diminati
Sifat:WajibSifat:Sukarela
Waktu pelaksanaan:Intrakurikuler



Tujuan Pendidikan Jasmani
Pendidikan jasmani memiliki tujuan yang berbeda dengan pelatihan jasmani seperti halnya dalam olahraga prestasi. Pendidikan jasmani diarahkan pada tujuan secara keseluruhan (multilateral) seperti halnya tujuan pendidikan secara umum.
Pendidikan jasmani merupakan bagian dari pendidikan secara umum. Ia merupakan salah satu dari subsistem-subsistem pendidikan. Pendidikan jasmani dapat didefinisikan sebagai suatu proses pendidikan yang ditujukan untuk mencapai tujuan pendidikan melalui gerakan fisik. Telah menjadi kenyataan umum bahwa pendidikan jasmani sebagai satu kenyataan umum bahwa pendidikan jasmani sebagai satu substansi pendidikan mempunyai peran yang berarti mengembangkan kualitas manusia Indonesia.
Sebagaimana diterapkan dalam Undang-Undang RI. Nomor II Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwa tujuan pendidikan termasuk pendidikan jasmani di Indonesia adalah pengembangan manusia Indonesia seutuhnya ialah manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Waktu pelaksanaan:Ekstrakurikuler




Pendidikan jasmani dapat diartikan juga sebagai suatu proses pendidikan melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Lingkungan belajar diatur secara seksama untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan seluruh ranah, jasmani, psikomotorik, kognitif, dan afektif setiap siswa.

0 komentar:

Posting Komentar

.

.
Diberdayakan oleh Blogger.